Tuesday, 7 July 2015

Kreasi Takjil W'Dank Bajigur Sehangat Tradisi Indonesia

Keluargaku sangat menyukai minuman khas tradisional Indonesia seperti bajigur yang berasal dari daerah Jawa Barat. Bajigur yang terbuat dari santan dan gula merah selalu membuatku teringat akan moment-moment indah jika kami sekeluarga berlibur untuk mengunjungi pamanku yang tinggal di Bandung. Ia selalu mengajak kami berwisata ke Ciater. Sangat menyenangkan. Malam-malam berendam air panas ditemani uap panas yang bergulung-gulung. Kemudian, pamanku pasti akan memesankan wedang bajigur dengan ketan bakar sambal oncom dan roti bakar di sebuah rumah makan tradisional Sunda sambil menikmati view hamparan bukit teh di Lembang. 



Rasa bajigur yang khas. Manis dan gurih. Menambah kehangatan suasana keluarga. Tubuh juga tetap terasa hangat dengan minum bajigur walaupun udara Lembang begitu dingin. Tapi, sekarang kami jarang dapat pergi ke Lembang untuk menikmati hidangan bajigur karena kesibukan aktivitas. Sedangkan agak sulit untuk mencari penjual bajigur di kotaku, Bogor. Sampai suatu ketika aku menonton tayangan iklan NutrisariW’Dank Bajigur dengan tagline ‘Sehangat Tradisi Indonesia.’


Ternyata Nutrisari mengeluarkan produk W’Dank Bajigur yang dibuat sesuai dengan racikan resep tradisional bajigur. Senangnya, jika kami ingin minuman yang hangat, kami bisa minum W’Dank Bajigur yang mudah diperoleh di supermarket atau pasar swalayan. Cara membuatnya pun praktis, 1 sachet Nutrisari W'Dank Bajigur tinggal diseduh dalam 150 ml air panas, aduk, dan siap disajikan. Minum W'Dank Bajigur juga turut mengobati rasa rindu terhadap kehangatan suasana tradisi berkumpul keluarga besar kami. =)



W'Dank Bajigur juga baik untuk kesehatan karena mengandung :
- Santan, yang bermanfaat untuk mencegah anemia, mencegah penuaan dini, menguatkan tulang, memperkuat kekebalan tubuh, dan kaya akan antioksidan yang berguna untuk melawan radikal bebas dan melindungi kerusakan sel.
- Gula merah, yang bermanfaat untuk sumber energi, memperlambat penuaan dini, mengatasi masalah pencernaan, mengatasi sariawan, dan meningkatkan nafsu makan.

W'Dank Bajigur cocok untuk dikonsumsi selama bulan Ramadhan karena minuman ini dapat menghangatkan tubuh. Apalagi saat bulan Ramadhan, kita sering beraktivitas di malam hari, seperti Shalat Tarawih atau pun sahur sehingga bisa berpotensi masuk angin. =)

Bulan Ramadhan tahun ini aku ingin membuat kejutan yang istimewa untuk keluargaku yang sangat menyukai kuliner Indonesia, yaitu kreasi Takjil W’Dank Bajigur. Pasti keluargaku akan sangat senang ketika berbuka puasa. Mereka tidak akan menyangka akan ada hidangan kreasi Takjil W’Dank Bajigur yang dibuat dari produk Nutrisari W’Dank Bajigur, kesukaan mereka. ^.^

Kebetulan sedang ada promo weekend Nutrisari W’Dank Bajigur di hypermarket langgananku, yaitu beli 3 dapat 1 sehingga aku ingin membuat sekaligus 2 kreasi Takjil W’Dank Bajigur dengan menggunakan bahan tambahan durian dan kurma. Supaya benar-benar terasa tradisi Indonesia dan Ramadhan-nya. =)




Pertama-tama aku membuat W'Dank Bajigur Durian. Membuatnya sangat mudah dan praktis. Harumnya sungguh menggoda sehingga beberapa kali adikku yang bolak-balik melirik jam dinding untuk menghitung berapa lama lagi ya waktunya berbuka puasa. ^.^

Rasa Takjil W'Dank Bajigur ini nikmat sekali. Aku tidak menyangka rasa santan dan gula merah dalam W'dank Bajigur berpadu unik dengan daging durian yang lumer. Kolang-kaling dalam W'Dank Bajigur ini juga terasa legit. =)


Resepnya sebagai berikut :

W'DANK BAJIGUR DURIAN

Bahan :
6 sachet Nutrisari W’Dank Bajigur
5 mata durian Monthong
1250 ml air
35 buah kolang-kaling siap pakai
250 ml susu kental manis
3 sdm gula pasir (sesuai selera)

Cara Membuat :
1. Masukkan Nutrisari W’Dank Bajigur, air, dan gula pasir ke dalam sebuah panci. Aduk. Ketika hampir mendidih, masukkan durian, kolang-kaling, dan susu kental manis.
2. Sajikan dalam gelas dan hias dengan daun pandan dan kurma. 

Tips : W’Dank Bajigur Durian enak sekali ketika disajikan hangat atau pun dingin =)

Untuk Kreasi Takjil W'Dank Bajigur yang kedua, aku membuat Puding Pelangi W'Dank Bajigur dengan Saus Durian W'Dank Bajigur. Rasanya nikmat sekali.



Adikku merasa terkejut ketika menggigit lapisan puding W'Dank Bajigur. Ternyata ada kejutan kurma utuh yang legit di dalamnya, berpadu dengan rasa  santan dan gula merah pada W'Dank Bajigur. Lapisan pertama tersebut mencerminkan 'Sehangat Tradisi Indonesia.' =)

Lapisan kedua berwarna hijau sebagai nuansa Ramadhan. ^.^

Lapisan ketiga dibuat seperti lapisan kaca yang bening untuk mencerminkan hati yang bersih di bulan Ramadhan untuk bersiap menyambut hari Idul Fitri. Lapisan puding ini diberi hiasan irisan kiwi dan biskuit Oreo agar tampil lebih menarik. ^.^ =)

Lapisan kedua sengaja dibuat agak asam segar dari irisan kiwi untuk mengimbangi rasa manis lapisan pertama dan ketiga. ^.^


 Saus Durian W'Dank Bajigur sengaja dibuat agak kental dengan penambahan tepung maizena dan daging durian sesuai dengan selera keluargaku karena ketika disajikan dalam keadaan dingin, rasanya unik dan nikmat. Saus ini spesial karena tidak hanya menggunakan bahan susu seperti biasanya, tapi aku juga menambahkan W'Dank Bajigur dan daging durian. =)

Jadi, ketika kita merasakan Takjil W'Dank Bajigur ini terasa paduan manis dan asam segar. Santan kelapa, gula merah, susu, legitnya kurma, asamnya kiwi, biskuit Oreo yang lembut, dan saus durian  W'Dank Bajigur berpadu menghasilkan sensasi kuliner tradisi Indonesia yang lezat dan unik. ^.^

Resepnya sebagai berikut :

PUDING PELANGI W’DANK BAJIGUR dengan SAUS DURIAN W'DANK BAJIGUR

Bahan Lapisan I :
4 sachet Nutrisari W’Dank Bajigur
1 buah agar-agar cokelat
2 sdm gula pasir
500 ml air
Kurma secukupnya

Cara Membuat Lapisan I :
1. Masukkan Nutrisari W’Dank Bajigur, agar-agar cokelat, gula pasir, dan air ke dalam panci. Aduk. Masak hingga mendidih.
2. Tuang ke dalam Loyang.
3. Susun potongan kurma. Dinginkan.

Bahan Lapisan II :
1 buah agar-agar hijau
125 ml susu kental manis
125 ml sirup melon
250 ml air
1 buah kiwi, iris

Cara Membuat Lapisan II :
1. Masukkan agar-agar hijau, susu kental manis, sirup melon, dan air ke dalam panci. Aduk. Masak hingga mendidih. Masukkan irisan kiwi. Aduk
2. Tuang ke dalam Loyang yang berisi Lapisan I. Dinginkan.


Bahan Lapisan III :
1 agar-agar putih
4 sdm gula pasir
500 ml air
12 biskuit Oreo
½ buah kiwi

Cara Membuat Lapisan III :
1. Masukkan agar-agar putih, gula pasir, dan air ke dalam panci. Aduk. Masak hingga mendidih.
2. Tuang ke dalam Loyang berisi Lapisan I dan II.
3. Susun oreo dan irisan kiwi. Dinginkan.

Bahan Vla Durian W’Dank Bajigur :
4 sachet Nutrisari W’Dank Bajigur
1 mata durian Monthong, ambil dagingnya saja, blender
200 ml susu kental manis
2 kuning telur
2 sdm gula pasir
2 sdm tepung maizena, larutkan dalam 100 ml air
¼ sdt garam
400 ml air
4 buah kurma, iris

Cara Membuat Vla Durian W’Dank :
1. Masukkan Nutrisari W’Dank Bajigur, daging durian, susu kental manis, kuning telur, gula pasir, larutan maizena, garam, dan air ke dalam panci. Aduk. Masak dengan api kecil hingga mendidih dan mengental.
2.  Hias dengan irisan kurma. Dinginkan.

Cara Penyajian :
Sajikan Puding Pelangi W’Dank Bajigur dengan Vla Durian W’Dank Bajigur.

Keluargaku sangat menyukai Takjil W'Dank Bajigur. Terima kasih banyak W'Dank Bajigur karena telah menambah kehangatan suasana berbuka puasa di keluarga kami. Kami benar-benar merasakan 'Sehangat Tradisi Indonesia' ketika berbuka puasa bersama dengan hidangan Takjil W'Dank Bajigur yang nikmat ini. ^.^



2 comments:

  1. enak bgt kliatannya pudingnya!!!
    Dedy@Dentist Chef

    ReplyDelete
    Replies
    1. trims ^.^ resep2 di blog kamu, dentistchef juga kliatan enak2 :)

      Delete